Sunday, February 1, 2009

Corporate Plan….

Seiring terjadinya reformasi kan peranan BPKP berubah tuh, tadinya kerjaannya cuma audit doang, dan punya kekuasaan buat ngaudit semua instansi pemerintah seenaknya, sekarang BPKP lebih berperan seperti mitra bagi instansi-instansi pemerintah dalam membangun apa yang disebut dengan good corporate governance (easy to say, impossible to do)…hahaha… atau bisa gw bilang BPKP membantu mengatur pola manajemen dan pelaporan keuangan Instansi pemerintah supaya nggak dicap ngawur pas diperiksa ama Instansi pemeriksa yang sekarang lagi merajalela dan lagi galak2nya yaitu BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, bukan Barisan Pemadam Kebakaran yang ada di tiap RW).

Awal bulan November kemaren gw ditugasin buat bantuin salah satu PDAM disini dalam menyusun Corporate Plan, ya rencana jangka panjang perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya, yang gw tangkep dari yang gw lakuin sih itu. Gw ditugasin berdua ama ketua tim gw terus ada seorang pengendali teknis dan seorang lagi pengendali mutu, tapi tim yang nyusun Cuma gw ama ketua tim gw.

Awal penugasan langsung cabut ke kota Palangka Raya (Beberapa orang sewot dan bilang kalo itu adalah Palangkaraya) ga penting, ketemu ama Direktur Umum PDAM dan staf2nya terus biefing tentang Corporate Plan yang mau disusun. Disana nginep di hotel yang lumayan banget untuk ukuran kalimantan, pake wi-fi gratisan pula, lumayan dapet donlotan sekitar 1 giga, secara cuma gw doang kali yang make benwit. Gw sih betah disana, tapi ketua tim gw yang dah punya keluarga gag betah jauh2 dari istrinya (wakakak), akhirnya disana cuman 2 hari doang, bawa berkas aja berabrek2 buat dikerjain di Kantor gw di Banjarmasin.

Status gw kan cuma anggota tim, cuma ngebantu kerja ketua tim gw doang, eh tenyata ketua tim gw gag mau urusan, laporan dan penyusunan ni corporate plan diserahin ma gw semua, padahal ilmu gw kan pas-pasan banget, IPK 2,97 dan ranking 271 di jurusan gw. Kasian tuh PDAM, meyerahkan masa depannya kepada seorang ajun akuntan yang punya ilmu akuntansi minim karena otaknya dipenuhi ilmu mesum doang.

Bayangin aja gw mesti bikin proyeksi laporan keuangan PDAM buat 5 taon kedepan, pake dasar apa coba gw bikin kaya begituan, gw juga nyadar masi gedean upil gw daripada otak gw. Gw juga mesti mikirin pendapatan upaya perusahaan buat meningkatkan pendapatan gimana, anjrit gw lebih kaga ngarti lagi, jujur aja waktu gw kirim SMS ke REG WETON (Reg Malem Jumat Kliwon, gw kirim deh ke 9090) balesan pak dukun katanya gw tuh gak cocok kerja di aer, tapi gw penugasan di PDAM mulu, sial bgt kan gw.

Gw juga disuruh buat menilai potensi perusahaan melalui analisis SWOT (Strength, weakness, threat,ama O nya apa ya lupa, yang jelas buka nani). Saking keselnya ama tuh PDAM gara2 gag ngasi gw tips sedikitpun (eh, hotel dia yang bayar deng, tapi gag cukup buat usaha keras gw bikin ni CP) akhirnya gw simpulin ni PDFAM dalam keadaan yang parah, mesti perbaekan diamana2. Haha, mampus deh gak bakal ada yang mau inves. Hihihihihi….

Sekarang dah jalan 3 mingguan ngerjain ni CP, kebanyakan sih bengong dan nontonin film2 pesenan gw dari FJB Kaskus. Kalian mesti coba tonton Californication deh, serial barat yang kacow abis… kep bokep bokep, semi doang sih…. Hihihii… Dah 90% kelar ni Corporate Plan, gila, proyek solo pertama gw ni, doain lolos review dari pengendali teknis, pengendali mutu, ama Kepala Perwakilan yak. Banyak banget yang review daripada yang ngerjain yak… doain gw ya teman2, lo dan keluarga lo yang funkie gw traktir deh kalo kelar ni proyek… hihihi…

Dah jam 5 WITA nih, gw balik kantor dulu ye… Ciaooo…

4 comments:

  1. seriuss nya nyun rek ditraktir?? sechara urang nu pertama komen di post inih. haha.. akhirnya kembali menemukan postingan anyun di dunia per-blog-an.
    ngebaa kerjaan kamu yah, asa roaming pisan, gak ngerti sama sekali ih saya.nampak ribet dan memerlukan tigkat intelegensia tinggi setara dengan roadrunner. haha.. sukses lah nyun.
    kerjanya biar berkah.. ashiikk.. saya link ya blog kamu

    ReplyDelete
  2. wahahaha...
    sial banget tuh pdam.. dapet orang yang kayak gini..
    masalah good corporate governance (easy to say, impossible to do) gw setuju banget..
    okeeh lah..semoga pdam semakin mengalir.. dan mengalir.. mengalir..

    ReplyDelete
  3. enya ria serius ditraktir lah... secara engaku biasa jadi pioneer mere komen di blog2 urang... hahaha...

    ReplyDelete
  4. Mbak, boleh minta softcopy nya corporate plan nggak??? Aku juga cpns ini mbak dari BPKP....ada softfile tp rumusnya nggak ada,,, -___- jd harus nyari sendiri
    kalau ada kirimin ke emailku ya mbak,,, makasih bgt emailku auliarahmawati90@gmail.com

    ReplyDelete