Thursday, November 6, 2008

Banjarbaru

Gelo, selama dua puluh dua taun gw tumbuh dan berkembang di Bandung dan Jakarta yang notabene merupakan kota besar di Jawa dengan jumlah penduduk yang padet kaya toples
penuh kurupuk bantet…

Crowded, macet, polusi, ah anjir gelo lah pokonya apalagi Jakarta kota terkutuk itu, dah macet, panas, dan yang paling parah dimanakah para wanita cantik? bukankah mereka
membutuhkan transportasi semodel busway atau yang lebih nista lagi seperti
Kopaja n Metro Mini, apa Bang Yos atau Bang Kumis ngelarang cewe cakep Jakarta
buat naek angkutan transportasi masal…

Beda bgt ama waktu gw di bandung, cewe cakep berkeliaran jalan kaki, naek angkot, atau bahakan naek odong-odong sekalipun…

Kebiasaan cewe bandung ini yang sering bikin di angkot atau dipinggir jlan gw sering
mengeluarkan kata2 bijak “Subhanallah, meni bohai jadi hoyong ngacai, mari neng
kita ngojai …”

Tapi sudahlah, masa-masa gw hidup di Bandung n Jakarta dah gw lewatin, di umur 22 gw harus ninggalinGEMERLAP ibu kota berganti menjadi GELAP GULITA Kalimantan, ya ga gelap bgt sih tapi PLN di kota ini sering bgt ngajak penduduknya berhemat listrik, senin mati listrik hari rabu dah mati lagi, keren lah pokonya produktivitas kerja menurun tapi produktivitas pabrik bayi meningkat… kasian Pa Harto (alm) cape2 menggagas KB…

Tapi gpp juga, hasilnya lumayan bagus ko, cewe-cewe Banjar ga kalah ama cewe-cewe Bandung, masalah fashion pun ga ketinggalan, di bandung cewe-cewe pake celana jeans
aneka warna seminggu kemudian wabah mirip malaria itu sampe juga ke kalimantan,
di bandung cewe-cewe pake celana senam kali ya gw bilangnya, seminggu kemudian
hutan kalimantan dah dihiasi balerina-balerina dadakan…

Ah edan lah pokonya kalimantan punya komoditi yang ga kalah ama Bandung, Jakarta,
Malang atau Manado, dan yang paling edan disini tuh cewe-cewe doyan pake motor, dan yang makin edun mereka doyan pake motor Satria, gw aja cowo kemana jalan kaki… Ya Allah gaji hamba sebulan hanya cukup untuk menahan perut dari kelaparan saja, kenapa mereka bisa jalan2 dengan seonggok besi bernilai hampir 20 juta perak…

Ampun ya Allah heureuy aja etamah, hamba selalu bersyukur ko dengan penghasilan yang hamba terima sekarang…

Sah-sah aja kalo mereka naek motor model begitu, dan banyak juga mereka yang menggunakan motor-motor matik, apapun motor yang mereka pake tetep aja yang ajaib dari cewe-cewe sini adalah doyan SMSan atau telfon sembari mengendarai motor… Edun,
apa gw cowo cemen kalo kaga bisa ngelakuin akrobat model singa laut itu…

Gw ga nemu cara pikir buat mreka ngelakuin hal kaya gitu sembari bawa motor, gpplah mereka juga yang tangung kalo ada kenapa-kenapa, asal kenapa2nya ga melibatkan gw aja lah… Kalo mreka nyungsep di sawah gw doain mereka baik2 saja, kalo mereka nabrak warga tak berdosa gw doain mereka semua baik2 saja ga ada yang terluka parah, kalo
mereka nabrak gw…. Tergantung, kalo cantik gw sumpahi dia jadi pacar gw, kalo
ga cantik gw bakal ajauin pemberlakuan hukum pancung di bumi kalimantan…

Satu hal lagi yang sering bikin gw geleng-geleng kepala adalah warga sini kayanya berat bgt buat lepas helm dari kepalanya, ke warung beli roko turun dari motor helm tetep di pala, masuk mini market beli chitato tetep dipake, masuk atm tetep dipake,
mungkin disini berkembang peribahasa “Helmku adalah permataku..” aih, najisss…

No comments:

Post a Comment