Wednesday, August 13, 2008

Audit...

Waktu gw SMA gw pernah dikasitau sama kaka gw yang waktu itu dah nginjek bangku kuliah (soalnya sewaktu kuliah kaka gw bisulan di pantat, jadi kaga bisa duduk), dia bilang dia punya dosen seorang auditor yang kerjanya jungkir balik (jungkir balik=bikin laporan audit) ampe pagi kaga pake tidur, tapi duitnya segudang… pada saat itu gw cuma bisa bisa ternganga dan bilang “WOW KEREEEN”.

Gw pada waktu itu merasa termotivasi, tersadarkan, terinspirasikan, mungkin keren bgt jadi auditor, memeriksa hasil karya orang lain, menilai kerjaan orang lain, terus geber2 duit… Karena dasar auditing adalah pelajaran akuntansi, maka gw pun bercita2 untuk berhasil di mata pelajaran yang satu ini.

Bagi gw, semenjak nginjek bangku SMA kelas 1 (bisulNya kaka gw nular), pelajaran akuntansi merupakan pelajran yang sangat2 menyenangkan… pelajaran dimana gw bisa tidur dikelas, pelajaran dimana gw bisa maen poker, pelajaran dimana gw bisa nongkrong di kantin, pelajaran dimana gw bisa nongkrong lama di toilet tanpa disindir guru “mencret ya mas, lama amat kebelakangnya”, yap betul bgt guru Akuntansi kaga pernah hadir di kelas, dia pernah muncul sekali di hari pertama kemudian cuma muncul beberapa guru pengganti yang masi bisa keitung jari katak jumlah kehadirannya…

Akhirnya sempet terpikirkan oleh gw bahwa dosen kaka gw Cuma ngebulsit doang, dia bilang kerja keras ampe pagi padahal dia cuma maen poker, nongkrong, terus boker yang keluarnya duit, dah gitu dijemur baru digeber2 duitnya kalo dah kering…

Begitu gw berhasil lolos masuk kelas dua barulah mata gw dibukakan, hati gw disentuh, sampe celana gw dipelorotin, bahwa akuntansi itu bukan pelajaran yang mudah, belum lagi gurunya galak bgt2an dan punya jurus maut yaitu cubitan di perut yang gak bakal dilepas sampe ada halilintar atau adzan berkumandang… gila… horor bgt suasana kelas tiap pelajaran akuntansi…

Emang dasar gw gak punya bakat dan kaga punya kemauan, akuntansi begitu berat bwt gw, sampe pada ujian terahir akuntansi gw gak pernah nemu angka seimbang antara total aktiva sama total kewajiban ama modal, guru akuntansi gw dateng ke meja gw melototin kerjaan gw terus dia bilang “ya iyalah kaga bakal selese, orang dah salah dari awal”, beuh dikatain gitu gw kaga terima, dewa zeus emosi, hercules piss off… Lantas gw lipet kerjaan gw, gw serahin ke guru gw dan bilang “Biarin, gw bakal masuk IPA”, dia Cuma melongo dan bilang “awas ya!!!”.

Semenjak itulah gw pupus impian menjadi seorang auditor, gw kemudian memfokuskan diri untuk bisa masuk IPA dan sedikit2 memimpikan untuk menjadi seorang dokter… Di kelas 3, gw ditempatkan di kelas 3 IPA 5, yang katanya kelas favorit, yang pinter2 ngumpul disana smua, gw heran bgt napa orang goblok kaya gw bisa nyasar masuk kelas sana… dalam hati gw berfikir ada intimidasi dari nyokap gw (yang juga guru di sekolah gw) jadi gw bisa masuk kelas karbit… begitu pulang sekolah gw ngadu ma nyokap dan minta gw di satu kelaskan sama temen2 yang sederajat ma gw, nyokap bilang dia kaga ada intimidasi apa2 ke pihak sekolah dan itu bener2 dah keputusan sekolah sebagai penghargaan atas prestasi gw (yang mana masi gw percaya gw ketuker sama another Firman).

Tapi dikelas itu gw bisa beradaptasi dengan baik, temen sekelas gw rajin2, gw pun jadi kebawa rajin… temen gw kalo kaga ada guru pada baca buku blajar sendiri, gw juga ikutan baca, baca komik… tiap ada tugas kelompok, entah kenapa kerjaan kelompok gw selalu selesai dengan baik dan tepat waktu, tanpa sepengetahuan gw… gw makin betah aja di kelas model beginian… namun begitu SPMB mendekat, gw sadar dan gw akuin kalo gw gak bakal bisa ngerjain soal2 IPA dengan becus, di kelas pun waktu pelajaran biologi, matematika, kimia, gw pasti sembunyi2 baca buku geografi, ekonomi, sejarah… gw berasa lebih pede buat ngadepin soal2 IPS…

SPMB pun gw ngambil IPC, dengan pilihan pertama Akuntansi Unpad, Kedokteran Unpad, Sastra Inggris Unpad, sebagai ancang2 kalo gw kaga tembus SPMB gw juga nyobain tes masuk STAN… Dasar gw yang stengah2 buat ngambil IPA dan IPS, akhirnya gw cuma bisa tembus Sastra Inggris Unpad, untungnya gw masi dinyatain lulus di jurusan Akuntansi STAN…

Tanpa pikir panjang berangkatlah gw menempuh pendidikan di Jakarta (sori, Tangerang), tempat kuliah top dah gw dapetin, dosen2 top dah siap ngajarin gw, tapi dasarNya otak gw yang mini dan kental gw gak bisa berkembang di STAN… gw cuma bisa jadi pesaing di zona degradasi, 3 taon gw kaya begitu terus prestasi gw gak pernah semenonjol daerah selangkangan gw… akhirnya gw pun bisa lulus dengan nilai seadanya, nomor urut wisuda 270 sekian dari 300an lulusan…

Sebagai imbalan prestasi gw, gw diganjar dengan pekerjaan di BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), instansi yang masi banyak orang nanya “apaan tuh?”, kalo gak “itu di SAMSAT yak”, kalo gak “BPKP bisa buat jaminan minjem duit kan?”, tapi dibalik itu ternyata gw bisa mewujudkan cita2 gw sebagai auditor…

Ya impian gw terwujud, setidaknya setengah terwujud… Kerja jungkir balik ampe pagi sekarang gw kerjain, namun duit segudangNya jauh dari harapan… auditor emang tajir, tapi mungkin Auditor di sebuah KAP, Inspektorat di Depkeu, atau bahkan di Instansi sebelah…

Ya tapi itulah hidup, wiseman said “rezeki dah ada yang atur”, ya inilah jalan rezeki gw, gw beruntung bgt bisa dapet penghasilan sendiri… dan gak ada alesan buat gw buat gak bersukur, masi banyak orang yang gak seberuntung gw…

1 comment:

  1. gw suka banget ama cerita lo ini nyun
    kocak,,,
    gw bisa merasakan hal itu...hehehe
    emang akuntansi ga bisa kita hindarin,,,hahaha

    ReplyDelete